Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 1 Palakka
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Topik/Tema : Keadaan
Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
1. Kompetensi Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai , memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
KI 4 Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai , memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
2. Kompetensi Dasar
KD 1.2 Menghargai
ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
KD 2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya.
KD 3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
KD 3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
KD 4.3 Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Peserta didik menghargai ajaran agama dalam
berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
2. Peserta didik menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya.
3. Peserta didik memahami aspek keruangan dan
konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
berkelanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
4. Peserta didik memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
5. Peserta didik mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
4. Tujuan Pembelajaran
a. memahami interaksi manusia dan lingkungan
b. memahami keterkaitan antara komponen
lingkungan
c. memahami dampak aktivitas manusia terhadap
lingkungan alam
d. memahami dampak aktivitas manusia terhadap
lingkungan ekonomi
e. memahami dampak aktivitas manusia terhadap
lingkungan sosial budaya
f.
menunjukkan
perilaku jujur, bertanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, peduli, menghargai,
dan percaya diri
5. Materi Ajar
Kegiatan
pembelajaran pada Bab I terdiri atas empat subpokok bahasan berikut.
1. Hakikat Interaksi Manusia dan Lingkungannya
2. Saling Keterkaitan Antarkomponen Lingkungan
3. Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan
Alam
4. Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan
Ekonomi
5. Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan
Sosial Budaya
6. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Pembelajaran :
Scientific
b. Strategi Pembelajaran : Contekstual Teaching Learning (CTL)
c. Model Pembelajaran : Cooperative Learning Tipe Make a Match
d. Metode Pembelajaran : Pengamatan,
Tanya jawab, Permainan, Diskusi, Ceramah
7. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Materi : Hakikat Interaksi Manusia dan
Lingkungannya
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris, berdoa, presensi, orientasi dan
apersepsi
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru menyajikan gambar tentang keadaan
manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern. (Lihat halaman ....)
Menanya
2. Guru meminta peserta didik mengidentifikasi perbedaan-perbedaan
yang ada pada gambar antara keadaan masyarakat tradisional dan modern. Kemudian peserta didik menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan gambar.
3. Guru membuat permainan dengan memakai kartu
dengan kertas yang berwarna. Kertas tersebut untuk mencatat soal dan jawaban
dengan warna yang berbeda warna, satu lembar kertas untuk mencatat soal dan
lembar kertas lain untuk mencatat jawaban. Kertas dipotong kecil-kecil
seperti kartu.
4. Guru membentuk siswa per kelompok dengan
anggota kelompok 14 orang. Ini dilakukan karna soal sebanyak 7 butir dan
jawaban juga 7 butir.
Mengumpulkan Informasi
5. Guru memberikan 14 kartu tersebut kepada
tiap kelompok secara acak dan peserta didik mencari pasangan kartu yang
mereka miliki. Bagi kelompok yang dapat menemukan pasangan lebih cepat, guru
memberikan reward atau point tambahan.
Mengasosiakan 6. Setiap soal dan jawaban yang di temukan peserta didik di pindahkan ke buku catatannya. Mengomunikasikan
6. Guru memberikan kesempatan pada kelompok
untuk mempresentasikan berdasarkan pasangan masing-masing.
7. Guru memberikan penjelasan tentang keadaan hubungan manusia pada masyarakat tradisional dan modern. Guru menekankan adanya perubahan pola hubungan antara kedua masyarakat tersebut. |
10 menit
30 menit
20 menit
|
Penutup
|
1. Sebelum mengakhiri pertemuan, peserta didik
diajak membuat kesimpulan dan merenung atas manfaat dari kegiatan
pembelajaran.
“Manusia
pada saat ini makin banyak mengambil suber daya alam (SDA). Bahkan, untuk
memenuhi gaya hidupnya, manusia makin boros dalam menggunakan SDA. Akibatnya,
alam mengalami kerusakan sehingga daya dukungnya terhadap kehidupan, termasuk
kehidupan manusia, makin menurun.
Bagaimanakah
sikapmu terhadap gaya hidup yang boros? Apakah kamu suka melakukannya? Jika
demikian, kamu sebenarnya telah ikut serta merusak lingkungan.”
|
10 menit
|
8. Sumber Pembelajaran
1. Buku Guru
2. Buku Siswa
3. Buku IPS untuk SMP/MTs Kelas VIIII BSE
4. Internet
9. Penilaian
Aspek
Pengetahuan :
Penilaian Tertulis : Tes Uraian
Aspek
Sikap :
Penilaian Karakter : Observasi
Aspek
Keterampilan :
Penilaian Keterampilan : Rubrik Penilaian Keterampilan
Watampone,
21 Juni 2014
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 1 Palakka Guru
Mata Pelajaran IPS
............................................ ...........................................
NIP.
.................................. NIP.
.................................
Lampiran-lampiran
*)
Format
Lembar Observasi Diskusi
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru atau
pengamat saat diskusi berlangsung. Lembaran ini mencatat keefektifan peserta
diskusi dalam 4 kriteria. Tulislah angka-angka yang tepat di kolom sesuai
peserta didik.
5 = baik sekali 3 = cukup
4 = baik 2 = kurang
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Rata-rata
|
|||
Kelayakan Isi
|
Kelayakan Penyajian
|
Bahasa
|
Kreatifitas
|
|||
Keterangan :
1.
Kelayakan
Isi : keakuratan materi dan kemuhtahiran.
2.
Kelayakan Penyajian :
keterlibatan peserta didik untuk belajar aktif dan disajikan secara
kontekstual.
3.
Bahasa : jelas, mudah dipahami, dan komunikatif.
4.
Kreatifitas : menarik, ide yang berbeda dan inovatif.
Lembar
Penilaian Presentasi
Sifat Tugas : Individu/Kelompok/Pasangan *)
Nama :
................................
:
................................
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
Nilai
|
Catatan
|
1
|
Penguasaan materi
a.
Kemampuan
konseptualisasi
b.
Kemampuan
menjelaskan
c.
Kemampuan
beragumentasi
|
15
15
20
|
|||
2
|
Penyajian
a.
Sistematika
penyajian
b.
Visualisasi
|
15
15
|
|||
3
|
Komunikasi Verbal
a. Penggunaan bahasa
b. Intonasi dan Tempo
|
10
10
|
|||
Jumlah
Nilai
|
-
|
-
|
100
|
Keterangan : *) Coret salah satu
Petunjuk :
Skor = 0, 1, 2, 3, 4, 5
Nilai Akhir = (Bobot x Skor) : 5
Format Lembar Pengamatan Nilai Karakter
Nama Peserta Didik : ....................
Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan :
....................
No
|
Nilai Karakter
|
Skala
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Jujur
|
||||
2
|
Disiplin
|
||||
3
|
Bertanggungjawab
|
||||
4
|
Peduli
|
||||
5
|
Santun
|
||||
6
|
Percaya
Diri
|
||||
7
|
Menghargai
|
||||
8
|
Rasa Ingin
Tahu
|
||||
9
|
Kritis
|
||||
10
|
Berpikir
Logis
|
Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Kualifikasi Karakter
Berdasarkan pengamatan per kelas
pada indikator pencapaian kedisiplinan disimpulkan sebagai berikut.
BT (Belum Terlihat) : Skor 1-3 (Kurang)
MT (Mulai Terlihat) : Skor 4-6 (Cukup)
MB (Mulai Berkembang) : Skor 7-9 (Baik)
MK (Membudaya) : Skor 10-12 (Sangat
Baik)
Untuk pengamatan secara
keseluruhan (sekolah) pada indikator pencapaian nilai karakter disiplin
disimpulkan sebagai berikut.
BT (Belum Terlihat) : Skor 48-83 (Kurang)
MT (Mulai Terlihat) : Skor 84-119 (Cukup)
MB (Mulai Berkembang) : Skor 120-155 (Baik)
MK (Membudaya) : Skor 156-192 (Sangat
Baik)
Instrumen
Tes Tertulis (Uraian)
1. Jelaskan yang dimaksud dengan lingkungan ?
2. Sebutkan komponen/unsur dari lingkungan ?
3. Jelaskan pengertian dibawah ini :
a. Lingkungan abiotik
b. Lingkungan biotik
c. Lingkungan sosial dan budaya
4. Sebutkan 2 cara hubungan manusia dan
lingkungan ?
Pertemuan 2
Materi : Saling Keterkaitan Antarkomponen
Lingkungan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris, berdoa, presensi, orientasi dan
apersepsi
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
3. Guru menayangkan gambar contoh
bentuk-bentuk saling pengaruh manusia dan lingkungannya.
4. Peserta didik diminta melakukan eksplorasi
terhadap gambar yang disajikan.
5. Beberapa peserta didik diminta komentarnya
tentang gambar yang ditampilkan di papan tulis. Guru memberikan konfirmasi
terhadap komentar siswa dan menjelaskan komponen lingkungan dan contoh-contohnya.
Elaborasi
6. Guru membagi peserta didik menjadi lima
kelompok untuk melakukan diskusi.
7. Guru meminta wakil dari setiap kelompok
untuk menyajikan hasil diskusinya di depan kelas.
8. Peserta didik yang lain diminta menanggapi.
Konfirmasi
9. Setelah diskusi berakhir, guru memberikan
konfirmasi atas hasil diskusi.
|
10 menit
30 menit
20 menit
|
Penutup
|
10. Sebelum mengakhiri pertemuan, peserta didik
diajak membuat kesimpulan dan merenung atas manfaat dari kegiatan
pembelajaran.
11. Guru memberikan penilaian hasil diskusi
dengan lembar pengamatan diskusi dan hasil diskusi
12. Guru memberi tugas individu untuk dikerjakan
di rumah.
|
10 menit
|